Peralatan Juru Las

Peralatan Juru Las

Pengelasan merupakan salah satu jenis pekerjaan dengan risiko yang cukup tinggi. Ketika melakukan pekerjaan ini, seorang juru las atau welder tidak bisa melakukannya secara asal. Ada peralatan khusus yang harus digunakan oleh juru las saat bekerja. Apa saja peralatan juru las dan fungsinya apa saja? Berikut penjelasan terkait peralatan juru las dan fungsinya yang wajib Anda ketahui:

Peralatan Juru Las dan Fungsinya

Tidak hanya menggunakan satu peralatan untuk melakukan pekerjaan, seorang juru las menggunakan beberapa peralatan, mulai dari topeng las hingga mesin bor. Untuk lebih lengkapnya, berikut penjelasan mengenai peralatan las dan fungsinya:

Topeng Las

Peralatan juru las pertama yang digunakan adalah topeng las. Topeng las ini memiliki bentuk seperti helm dan dapat melindungi wajah dari cipratan las. Topeng las berfungsi untuk mendapatkan hasil las bagus dan seluruh wajah Anda dapat dilindungi dengan topeng las ini.

Selain topeng las, ada juga alat pelindung berupa kedok las dan kacamata las. Kedok dan kacamata las memiliki fungsi yang sama yaitu melindungi wajah dari percikan las, namun bedanya hanya bagian depan saja. Jadi buat Anda yang membutuhkan perlatan untuk melindungi keseluruhan wajah, topeng las menjadi pilihan yang tepat.

Sarung Tangan

Sarung tangan digunakan untuk melindungi tangan dan pergelangan dari percikan api saat mengelas. Agar bisa mendapatkan perlindungan yang maksimal, Anda dapat memilih sarung tangan yang panjang. Ini dilakukan agar bagian pergelangan tangan Anda tidak berisiko terkena percikan api las.

Masker

Selain topeng dan sarung tangan las, Anda juga harus menggunakan masker sebagai perlatan saat mengelas. Masker ini berfungsi untuk melindungi diri dari asal saat mengelas. Seperti yang diketahui, asap yang dihasilkan saat pengelasan dapat berbahaya bagi kesehatan paru-paru. Dengan masker ini, Anda dapat menghindari masuknya asap ke dalam tubuh.

Palu dan Sikat Terak

Peralatan selanjutnya yang digunakan oleh juru las adalah palu dan sikat terak. Palu dan sikat terak ini berfungsi untuk menghilangkan terak atau kerak yang dihasilkan saat proses pengelasan. Anda dapat menggosok kerak atau terak yang menempel dengan palu dan sikat terak ini. Biasanya alat ini sudah satu paket saat Anda membeli perlatan las.

Tang Panas

Tang panas sebenarnya bisa Anda gunakan saat mengelas ataupun tidak. Penggunaan tang ini disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jika Anda memiliki jam terbang pengelasan yang padat, sebaiknya Anda menggunakan tang panas ini. Tang panas berfungsi untuk menjepit dan memindahkan objek yang telah dilas. Dengan tang panas ini, Anda dapat menghindari panas dan pekerjaan menjadi lebih cepat selesai.

Clamp Penjepit

Peralatan berikutnya yang digunakan juru las adalah clamp penjepit. Clamp penjepit ini berfungsi untuk menjepit objek las agar tidak bergeser saat melakukan pengelasan. Peralatan ini dapat Anda gunakan ataupun tidak Anda gunakan, namun dengan clamp penjepit, Anda dapat mengurangi terjadinya kesalahan saat pengelasan.

Gerinda dan Mesin Bor

Gerinda dan mesin bor menjadi peralatan yang harus digunakan oleh juru las. Gerinda dan mesin bor berfungsi untuk menghaluskan hasil las sehingga permukaan besi menjadi lebih halus dan rapi. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan mesin gerinda untuk memotong besi dan Anda dapat menggunakan mesin bor untuk membuat lubang baut dan lubang variasi lainnya.

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai peralatan juru las dan fungsinya yang wajib Anda ketahui. Pastikan Anda menggunakan peralatan-peralatan ini saat pengelasan sehingga pekerjaan Anda dapat dipermudah dan Anda juga dapat melindungi diri dari segala risiko berbahaya saat pengelasan. Selain peralatan Anda juga dapat mengikuti sertifikasi welder agar meyakinkan pemilik dari perusahaan tempat Anda bekerja. Untuk melakukan sertifikasi, Anda dapat menghubungi kami di 081229764045.



Leave a Reply